Salam Hangat, selamat datang di alamat RumaH Service... Kami Menerima SERVICE ELEKTRONIK, KOMPUTER, HANDPHONE..... dan Kami Juga membuka Pelatihan Teknisi Elektronik dan Teknisi Komputer, bekali diri dari sekarang dengan keterampilan.
Terima kasih telah berkunjung dan melihat artikel yang kami sajikan sebagai informasi kecil catatan tentang service elektronik, service komputer dan service handphone.
Jenis-jenis kerusakan Pada kipas angin dan cara memperbaikinya
Berikut ini beberapa kerusakan
yang sering kita jumpai pada sebuah kipas angin. (kipas yang dimaksud
disini adalah kipas angin yang digerakan oleh arus listrik 220 volt).
Bila kita perhatikan buku petunjuk yang biasa disertai pada saat pembelian barang elektronik (pembelian barang baru), hampir semua peralatan listrik bisa diperbaiki sendiri tapi kadang tdak semua kita punya nyali untuk membongkar dan memasangnya kembali. Pengalaman saya sendiri ketika memperbaiki laptop, gara-gara tidak teliti akhirnya laptop bukannya tambah bagus malah terpaksa keluar uang banyak karena rusak bagian yang seharusnya tidak perlu rusak.
Nah kali ini Kipas Angin saya yang mati. Sebelum saya bawa ke Ahlinya, rencana mau saya otak-atik dulu, namun teringat pengalaman yang sudah-sudah maka sebelum mencoba saya buka-buka google dan ketemu Tips dan Langkah - langkah dalam memperbaiki kipas angin sendiri seperti yang saya kutip dari salah satu blog.
Berikut beberapa tahapan atau langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam memperbaiki kipas angin sendiri, silahkan disimak :
Copot kabel power kipas angin terlebih dahulu dari sumber arus (colokan yang mengarah ke sumber arus PLN). Usahakan memperbaiki kipas angin saat kipas angin tidak terhubung dengan arus listrik.
Cek kabel power kipas angin. Kabel power merupakan penghubung utama antara peralatan listrik dengan sumber tegangan atau sumber listrik PLN. Kerusakan yang paling sering terjadi pada kabel power adalah rusaknya kepala jack kabel, misalnya digigit tikus. Kerusakan ini bisa langsung terlihat tanpa membutuhkan alat bantu lainnya. Namun untuk kabel power yang putus di dalam, kita harus mengggunakan alat bantu multitester maupun AVO meter.
Cek koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan kipas angin. Bila kabel power masih dalam kondisi bagus, pemeriksaan berlanjut ke komponen selanjutnya yakni saklar kecepatan atau speed switch. Kerusakan yang sering terjadi pada komponen ini adalah titik kontak yang sudah bengkok atau aus sehingga tidak bisa ditekan. Ceklah dengan multitester. Cek bagian koneksi kabel antara kabel kecepatan atau bagian yang menempel pada saklar dengan kabel yang menuju listrik langsung (kebanyakan berwarna hitam atau putih) jika kipas angin belum pernah dibongkar. Pada panel bagian saklar kecepatan akan terlihat empat buah kabel yang berasal dari trafo kumparan atau motor kipas angin.
Tiga kabel untuk jalur pengatur kecepatan kipas angin dan 1 kabel untuk jalur menuju sumber arus listrik. Sedangkan untuk kipas angin yang hanya memiliki 2 kecepatan, kabelnya hanya ada tiga buah yaitu 2 buah untuk pengatur kecepatan dan 1 buah untuk menuju jalur sumber arus listrik PLN. Kabel tersebut harus menunjukkan hubungan langsung ketika diukur menggunakan multitester. Cara pengetesannya, potong terlebih dahulu tiap kabel tersebut dari sambungan pada saklar.
Sebaiknya potong bagian tengah kabel supaya mudah menyambungnya jika kamu tak memiliki solder. Atur posisikan saklar multitester pada x1 atau x10, lalu tempelkan ujung kabel pengukur multitester warna merah atau hitam pada kabel yang berasal dari trafo atau kumparan kipas angin tersebut secara bergantian. Jika trafo atau kumparan kipas angin dalam kondisi bagus, maka jarum multitester akan bergerak ke kanan menunjukan koneksi.
Jika ada salah satu kabel yang diukur ternyata tidak terhubung, itu menandakan ada kerusakan di bagian kumparan. Yang paling sering terjadi adalah pada bagian kabel yang terhubung ke kabel power listrik (warna putih atau hitam). Bila ini yang terjadi, kemungkinan yang putus adalah Thermofuse (bentuknya kecil seperti resistor) atau sering disebut sekering. Posisinya tertutup dan dibungkus kabel warna hitam dan berada pada kabel power langsung.
Jika tidak, kemungkinan ada yang putus di bagian kawat kumparan atau trafo kipas angin. Jika 100 persen kerusakan terjadi pada bagian kumparan trafo, maka tidak bisa diperbaiki sendiri dan harus kamu bawa ke agen layanan servis sesuai merk kipas angin milikmu untuk diperbaiki atau diganti. Cek kapasitor kipas angin. Kejadian yang sering banyak dialami adalah kipas angin yang berputar lambat. Ini menandakan kapasitornya mulai melemah, rusak, atau bahkan mati.
Ukuran kapasitor pada kipas angin bervariasi, antara 400V/1,8μf hingga 400V/2,5μf. Bentuknya kotak hitam seperti korek api kayu dan terletak di bagian belakang tutup kipas angin.Untuk pengecekan, cukup lihat kondisinya. Jika seperti melembung, membengkak, atau pecah, dipastikan hanya kapasitor ini yang rusak. Lepaskan lalu ganti yang baru. Belilah di toko penjual spare part elektronik. Harganya murah, sekitar Rp 4.500 hingga Rp 10 ribu.
- Kipas angin mati total, kipas angin dengan kerusakan mati total ditandai dengan bila tombol di ON kan Baling baling kipas tidak berputar, tidak ada getaran sama sekali di motor kipasnya.(seperti tidak ada arus listik yang masuk), untuk cara mengatasinya pertama periksa sekring, kabel power (mungkin putus), cek tombol speednya, cek tombol timer (kalau ada). apabila ke empat elemen tersebut dalam kondisi baik kemudian untuk langkah kedua, cek motor kipas ( cek menggunakan multi tester) mungkin gulungannya putus atau bahkan terbakar (kemungkinan paling fatal ).
- Kipas angin Baling-baling berputar tetapi pelan. Kerusakan seperti ini ditandai dengan : apabila tombol di ON kan motor/dinamo kipas akan bergetar seperti dengung, baling-baling berputar pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali. berikut solusi untuk kerusakan seperti ini. Pertama pastikan bahwa AS nya tidak seret / macet (jika macet harus dibersihkan dulu), Kedua pastikan bahwa antara as dengan bos (bearing) nya tidak goyang/ kendor, setelah kedua langkah tersebut sudah oke tetapi kipas ndak mau berputar juga kita ambil langkah berikutnya yaitu ganti kapasitornya ( biasanya ukuran 1 mf, 1.5 mf dansebagainya)
- Kipas angin salah satu speednya mati, (misal kipas angin mempunyai 3 tombol speed, tetapi speed no 3 mati), kemungkinan pertama kerusakan pada tombol speednya, kemungkinan kedua kerusakan pada motor/dinamo kipasnya.
- Kipas angin tidak bisa Tengok kanan dan kiri, Untuk kerusakan seperti ini periksa bagian belakang motor/dinamo kipas, biasanya karena terlalu lama dipakai baut pengunci antara dinamo dan roda gigi kendor. untuk kipas angin yang menggunakan dinamo tersendiri, periksa saklar on/off nya dan ada kemungkinan dinamo penggeraknya yang rusak.
- Untuk kerusakan non tehnis seperti, baling-baling paecah , leher kipas angin patah dan sebagainya , bisa kita ganti / perbaiki.
- Untuk kipas angin yang sudah menggunakan Remote control, kerusakan pada rangkaian control elektroniknya jarang terjadi, tapi kemungkinan ada juga.
Bila kita perhatikan buku petunjuk yang biasa disertai pada saat pembelian barang elektronik (pembelian barang baru), hampir semua peralatan listrik bisa diperbaiki sendiri tapi kadang tdak semua kita punya nyali untuk membongkar dan memasangnya kembali. Pengalaman saya sendiri ketika memperbaiki laptop, gara-gara tidak teliti akhirnya laptop bukannya tambah bagus malah terpaksa keluar uang banyak karena rusak bagian yang seharusnya tidak perlu rusak.
Nah kali ini Kipas Angin saya yang mati. Sebelum saya bawa ke Ahlinya, rencana mau saya otak-atik dulu, namun teringat pengalaman yang sudah-sudah maka sebelum mencoba saya buka-buka google dan ketemu Tips dan Langkah - langkah dalam memperbaiki kipas angin sendiri seperti yang saya kutip dari salah satu blog.
Berikut beberapa tahapan atau langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam memperbaiki kipas angin sendiri, silahkan disimak :
Copot kabel power kipas angin terlebih dahulu dari sumber arus (colokan yang mengarah ke sumber arus PLN). Usahakan memperbaiki kipas angin saat kipas angin tidak terhubung dengan arus listrik.
Cek kabel power kipas angin. Kabel power merupakan penghubung utama antara peralatan listrik dengan sumber tegangan atau sumber listrik PLN. Kerusakan yang paling sering terjadi pada kabel power adalah rusaknya kepala jack kabel, misalnya digigit tikus. Kerusakan ini bisa langsung terlihat tanpa membutuhkan alat bantu lainnya. Namun untuk kabel power yang putus di dalam, kita harus mengggunakan alat bantu multitester maupun AVO meter.
Cek koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan kipas angin. Bila kabel power masih dalam kondisi bagus, pemeriksaan berlanjut ke komponen selanjutnya yakni saklar kecepatan atau speed switch. Kerusakan yang sering terjadi pada komponen ini adalah titik kontak yang sudah bengkok atau aus sehingga tidak bisa ditekan. Ceklah dengan multitester. Cek bagian koneksi kabel antara kabel kecepatan atau bagian yang menempel pada saklar dengan kabel yang menuju listrik langsung (kebanyakan berwarna hitam atau putih) jika kipas angin belum pernah dibongkar. Pada panel bagian saklar kecepatan akan terlihat empat buah kabel yang berasal dari trafo kumparan atau motor kipas angin.
Tiga kabel untuk jalur pengatur kecepatan kipas angin dan 1 kabel untuk jalur menuju sumber arus listrik. Sedangkan untuk kipas angin yang hanya memiliki 2 kecepatan, kabelnya hanya ada tiga buah yaitu 2 buah untuk pengatur kecepatan dan 1 buah untuk menuju jalur sumber arus listrik PLN. Kabel tersebut harus menunjukkan hubungan langsung ketika diukur menggunakan multitester. Cara pengetesannya, potong terlebih dahulu tiap kabel tersebut dari sambungan pada saklar.
Sebaiknya potong bagian tengah kabel supaya mudah menyambungnya jika kamu tak memiliki solder. Atur posisikan saklar multitester pada x1 atau x10, lalu tempelkan ujung kabel pengukur multitester warna merah atau hitam pada kabel yang berasal dari trafo atau kumparan kipas angin tersebut secara bergantian. Jika trafo atau kumparan kipas angin dalam kondisi bagus, maka jarum multitester akan bergerak ke kanan menunjukan koneksi.
Jika ada salah satu kabel yang diukur ternyata tidak terhubung, itu menandakan ada kerusakan di bagian kumparan. Yang paling sering terjadi adalah pada bagian kabel yang terhubung ke kabel power listrik (warna putih atau hitam). Bila ini yang terjadi, kemungkinan yang putus adalah Thermofuse (bentuknya kecil seperti resistor) atau sering disebut sekering. Posisinya tertutup dan dibungkus kabel warna hitam dan berada pada kabel power langsung.
Jika tidak, kemungkinan ada yang putus di bagian kawat kumparan atau trafo kipas angin. Jika 100 persen kerusakan terjadi pada bagian kumparan trafo, maka tidak bisa diperbaiki sendiri dan harus kamu bawa ke agen layanan servis sesuai merk kipas angin milikmu untuk diperbaiki atau diganti. Cek kapasitor kipas angin. Kejadian yang sering banyak dialami adalah kipas angin yang berputar lambat. Ini menandakan kapasitornya mulai melemah, rusak, atau bahkan mati.
Ukuran kapasitor pada kipas angin bervariasi, antara 400V/1,8μf hingga 400V/2,5μf. Bentuknya kotak hitam seperti korek api kayu dan terletak di bagian belakang tutup kipas angin.Untuk pengecekan, cukup lihat kondisinya. Jika seperti melembung, membengkak, atau pecah, dipastikan hanya kapasitor ini yang rusak. Lepaskan lalu ganti yang baru. Belilah di toko penjual spare part elektronik. Harganya murah, sekitar Rp 4.500 hingga Rp 10 ribu.